Gebrak dan KASBI Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Long March dari Jalan MH Thamrin ke Patung Kuda

Aliansi dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) melakukan long march dari Jalan MH Thamrin menuju kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022). Aliansi ini membawa sejumlah tuntutan aksi. Diantaranya menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga menolak upah murah.

Massa mengenakan pakaian berwarna merah dengan corak hitam dan ikat kepala berwarna kuning. Terdapat dua buah mobil komando yang dibawa oleh para buruh. Satu orang terlihat berorasi dari atas mobil komando tersebut.

Selain berorasi, aliansi buruh menunggu sejumlah peserta aksi sebelum beranjak ke kawasan Patung Kuda. Sambil menunggu kawannya yang lain, massa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. “Hidup rakyat Indonesia,” kata orator dari atas mobil komando.

Adapun akibat tumpukan massa di Jalan MH Thamrin menuju kawasan Patung Kuda sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Dijadwalkan pula ribuan mahasiswa akan menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat siang Ini. Polisi menutup Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, menuju Istana Kepresidenan sekira pukul 10.52 WIB.

Polisi tampak memasang kawat berduri dan seluruh kendaraan dialihkan melewati jalur lainnya. Sementara, sejumlah petugas gabungan Polri dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) tampak bersiaga di lokasi. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Bilal Sukarno mengatakan aksi itu bakal diikuti kurang lebih 8.000 massa mahasiswa.

"Estimasi massa aksi saat konsolidasi kemarin kurang lebih 8.000 gabungan dari mahasiswa, pelajar, dan buruh," kata Bilal kepada wartawan, Selasa (13/9/2022). Bilal menyebut aksi itu rencananya digelar sekitar pukul 13.00 WIB dengan titik kumpul di Kementerian ESDM. "Kita aksi di Istana Negara tapi kumpul dulu di Kementrian ESDM jam satu siang. Nantinya akan gabung dengan kawan kawan buruh," ujarnya.

Menurutnya, aksi itu bakal dihadiri berbagai aliansi mahasiswa yang mayoritas berasal dari kampus di Jakarta. "Mahasiswa yang tergabung banyak hampir semua kampus kampus di Jakarta ikut terlibat," ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post NCT 127 Akan Gelar Konser di ICE BSD Jakarta 5 November 2022, Ini Perkiraan Harga Tiketnya
Next post Ketua DPR Puan Maharani Dukung Film Ngeri-Ngeri Sedap Berlaga di Ajang Kompetisi Piala Oscar